Hasil MotoGP Amerika: 6 Kemenangan Beruntun Marquez

Marc Marquez
REUTERS/Marcos Brindicci

Sang juara bertahan Marc Marquez meraih kemenangan mudah pada balapan MotoGP Amerika Serikat, Senin (23/4) dini hari WIB. Walau harus start dari posisi keempat, Marquez tetap mampu meraih kemenangan keenam beruntun di Sirkuit Austin.

Start bagus dilakukan Andrea Iannone yang memimpin selepas Tikungan Pertama. Namun, belum genap lap pembuka, Marquez dengan mudahnya mengambil alih posisi terdepan. Sedangkan urutan ketiga ada Maverick Vinales, diikuti Cal Crutchlow, Johann Zarco dan Valentino Rossi.

Berselang dua lap, Iannone memangkas jarak, menjadi terpaut 0,152 detik. Ia lalu menyalip Marquez di Tikungan 11, tetapi pembalap Repsol Honda itu langsung membalasnya. Adapun, Rossi telah menyalip Zarco untuk posisi keempat.

Posisi empat besar Marquez, Iannone, Vinales, dan Rossi tidak berubah hingga lap ke-5. Baru pada lap ke-6 Vinales berhasil menyalip Iannone untuk menduduki posisi kedua. Sementara Marquez terus memperlebar jarak. Hingga lap ke-7, pebalap 25 tahun itu sudah unggul 4,5 detik atas Vinales.

Baca Juga :  Crutchlow Pecahkan Rekor Baru Sekaligus Start di Pole 1

Marquez terus memperlebar jarak dengan Vinales di posisi kedua di sisa balapan. Sementara usaha Valentino Rossi untuk menyalip Iannone demi mendapat finis podium menemui kegagalan.

Marquez kemudian meraih kemenangan MotoGP Amerika dan melewati garis finis dengan catatan waktu 41 menit 52,002 detik. Marquez unggul 3,560 detik atas Vinales. Podium ketiga direbut Iannone yang kalah 6,704 detik.

Andrea Dovizioso mengalahkan Zarco untuk posisi lima besar, dan Dani Pedrosa menyuguhkan performa luar biasa. Dalam kondisi fisik yang masih dibalut cedera pergelangan tangan kanan, ia mampu finis ketujuh.

Pembalap anyar Pramac Racing, Jack Miller, tampil apik atas keberhasilan merebut posisi kedelapan. Ia mengalahkan Tito Rabat dan Aleix Espargaro. Sementara hasil kurang memuaskan direngkuh Jorge Lorenzo yang terpental dari 10 besar.

Pol Espargaro (KTM), rookie Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) melengkapi 15 besar. Crutchlow, sempat terjatuh pada Lap 13, serta dapat melanjutkan balapan, akhirnya finis ke-19.

Dua pembalap: Alex Rins dan Syahrin (Tech 3) mengalami kecelakaan, sementara Karel Abraham dipaksa tak finis, karena rasa sakit pada lengannya. Ia terjatuh saat sesi Sabtu (21/4) kemarin.

MotoGP berikutnya akan memasuki benua Eropa, di mana Sirkuit Jerez, Spanyol menjadi tuan rumah pada 6 Mei mendatang.

Hasil MotoGP Amerika Serikat 2018:

1. M. MARQUEZ 41’52.002
2. M. VINALES +3.560
3. A. IANNONE +6.704
4. V. ROSSI +9.587
5. A. DOVIZIOSO +13.570
6. J. ZARCO +14.231
7. D. PEDROSA +18.201
8. T. RABAT +28.537
9. J. MILLER +28.671
10. A. ESPARGARO +28.875

Tinggalkan Komentar Anda